China Menjadi Negara Eskportir Senjata Terpesat Di Dunia

Menurut laporan terbaru dari Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm, China kini makin piawai dalam memproduksi dan memasarkan senjata. Dalam kurun 2011-2015 pertumbuhan ekspor persenjataan China mencapai angka 88 persen dibanding lima tahun sebelumnya.

Saat ini China menjadi negara pengekspor senjata paling pesat di dunia setelah Prancis, Jerman, dan Inggris. Sementara Amerika dan Rusia masih menjadi negara pertama dan kedua terbesar dalam ekspor senjata di muka bumi.

Prestasi China itu tidak lepas dari negara-negara di sekitar India. Negara tujuan ekspor senjata terbesar dari China adalah Pakistan, sekitar 35 persen dari keseluruhan ekspor Negeri Tirai Bambu. Diikuti kemudian Bangladesh dengan 20 persen dan Myanmar (16 persen).

Nilai ekspor senjata China ke Pakistan mencapai USD 2,8 juta, ke Bangladesh USD 1,65 juta, dan Myanmar USD 1,3 juta, seperti dilansir situs Quartz, Selasa (23/2).

Pakistan selama ini terus membangun persenjataan militer, termasuk senjata nuklir berkekuatan rendah berkat dukungan dan ekspor dari China.

Selama sekian tahun pula China menjadi pemasok utama persenjataan ke Bangladesh. Selain harganya murah, Beijing juga memberikan pinjaman kepada pemerintah Bangladesh.

Sejumlah pengamat menilai hubungan erat China dengan Pakistan akan mengucilkan India secara militer dan ekonomi. China dan Pakistan sudah sejak lama bersekutu untuk melemahkan India.

0 Response to "China Menjadi Negara Eskportir Senjata Terpesat Di Dunia"

Post a Comment