Kisah Nyata, Disaat Aku Sudah Tulus Mencintaimu Dan Menerima Semua Keadaanya, Kenapa...!!

Begitu cepat waktu yang Tuhan berikan untuk kita dipertemukan dan dipersatukan..

Begitu banyak yang sudah kita lalui.. Sedih, senang, canda dan tawa konyol mu yang sampai sekarang masih terbayang dibenak ku..

Sering ku bertanya kepada Tuhan.. Kenapa Tuhan, Kau memberikan cobaan ini kepadaku ? Kenapa kau mempertemukan kita kalau pada akhirnya hanya membuat duka ? Apa seharusnya kita tidak pernah bertemu ?

Kenapa Tuhan .. Semua terasa tidak adil bagiku.. Disaat aku sudah benar-benar tulus mencintai dia dan menerima semua keadaan nya.. Kenapa Kau ambil dia sekarang dariku..

Siang itu, 11 Agust 2014 seseorang ingin menjadi teman ku disalah satu socmed, sebenarnya aku orang yang tidak akan menerima permintaan pertemanan jika tidak kenal.. Tapi ntah knp hari itu aku menerima nya.. Yah, Davin Giovanni Tandoyo namanya di socmed.. Yang memberikan pin ku kpd dia, adalah teman SD ku dulu, Serena.. Awal kami memulai percakapan di socmed, berkenalan .. Sampai saat nya aku blg kpd dia kalau nanti aku akan menghubungi dia lagi..

Dan sore aku pun langsung mengabari dia.. Entah bgaimana, hari itu ada 1 perasaan muncul yang berubah jadi ingin tahu seperti apa dia orang nya.. Setiap hari kami mengobrol lewat socmed, dia bercerita kalau sudah dari kecil dia tinggal dengan nenek nya.. Dan sudah tahun tinggal di Jakarta, dan dari awal dia sudah memberi tahu kalau dia ada penyakit yang namanya DWS ( Dandy’s Walker Syndrome ). Aku tidak begitu menganggap nya serius karena aku tidak begitu tau kalau itu adalah penyakit yang mematikan..

Sampai pada 1 hari kita memutuskan untuk bertemu untuk pertama kali nya.. 14 Agust 2014 akhirnya kami bertemu, dia menjemputku didepan rumah.. Aku terkejut karena kupikir dia orang yang pendek.. Karena saya melihat dia dari depan gerbang rumah, dan hanya melihat dari luar mobil .. Saya pun masuk ke dalam mobil nya dan .. Holaahh ! Dia orang yang sangat asik, sepanjang perjalanan kita ngobrol dan dia tidak terlihat sakit sama sekali seperti yang dia katakan sebelum nya, orang yg sangat ceria dan humoris..

Ternyata asik juga orang ini pikirku, dan aku jd ingin mengenal dia lebih jauh.. Hari itu kami pergi ke kota tua, karena pada saat itu aku diminta guru ku untuk melakukan photoshoot, dan dia menemani ku dari awal sampai akhir pemotretan, aku juga ditemani teman ku Karina dalam pemotretan tsb.. Malam stlh selesai pemotretan kami pun mengantar Karina plg, dan kita melanjutkan jalan ke salah satu mall di Jakarta Taman Anggrek, kami ngobrol dan benar-benar seperti sudah mengenal lama.

Keesokan harinya kami pun pergi lagi, tapi berdua.. Aku semakin yakin kalau perasaan ku sudah aneh semenjak kenal dia dari awal.. Perasaan bahagia, dan ingin tahu lebih jauh tentang dia.. Benar-benar setiap melihat wajahnya yang ceria membuatku hatiku berdegup kencang.. Lucu memang, karena aku baru mengenalnya.. Tapi aku bukanlah orang yg gampang bisa menyukai orang, sangat tidak mudah membuat ku bisa tertarik dengan laki-laki.. Tapi dengan dia, aku merasakan hal lain.. Begitu lain dia dengan stiap pria yang sudah ku kenal dan ketemu.. Sangat berbeda ..

Semakin hari kamipun semakin dekat, hingga saat 17 Agust, aku dirumah sendirian dan sedang sakit.. Dia yang saat itu sedang dalam acara adiknya ulangtahun, begitu aku mengabari kalau aku sedang sakit dan sendiri dirumah. Dia panik, dan segera langsung kerumah ku.. Yg lucu nya, dia membawakan aku panadol 1 .. Memegang kening untuk mengukur suhu tubuh, lalu dia bilang ..

Davin: ” kamu uda makan? Nih aku bawain kamu panadol, biasa buat demam juga bisa “

Aku: ” adik km bukan nya lagi ulang tahun? Kok malah kerumah aku bawain obat? Gpp nih ? ”

Davin: ” aku lebih khwatir sama kamu lg sakit dirumah sendiri, lagian acaranya uda mau selesai jadi aku plg duluan aja ”

Senang, terharu dan bingung entah harus bagaimana.. Hanya bisa tertawa saat itu .. Semakin hari kita semakin dekat, sampai tanggal 20 Agust 2014 dia menyatakan cinta nya kpd ku.. Dia bilang untuk jadi pacar nya tp pada saat itu aku iseng, dan ku jawab ” sorry kaya ny gw ga bisa deh “.. Dia kecewa dan dia bertanya tanya kenapa? Dan aku pun menjawab ” tidak bisa menolak kamu mksdnya ” hahaha .. Hari itu pun kami jadian.. Yahh itu lah hari yang paling membahagiakan..

Setiap hari bersama nya adalah hal terindah yang pernah aku alami, dia benar2 mewarnai hidupku dan membuatku lebih bersemangat menjalani hidup.. Sebulan kami pacaran, aku sudah dikenalkan ke dalam keluarganya, baru pertama kalinya aku pacaran dan kenal orangtua nya seperti ini..benar2 keluarga yang hangat, dan baik.. Mereka semua sangat baik kepadaku.. Sampai2 aku sudah menganggap mereka seperti keluargaku sendiri..

Sedih, senang kita lalui bersama. Hampir setiap hari kita pergi bersama jalan2.. Hingga 17 april 2015 tiba2 dia sakit kepala hebat.. Dia yang sedang berkerja, aku kekantor nya langsung dan ingin melihat keadaan nya.. Di hanya tergeletak dilantai dengan alas kain tipis sedang menahan kesakitan. Aku bingung harus berbuat apa, lalu aku meminta ijin untuk membawa dia ke rumah..

Akhirnya orang kantorpun mengizinkan Davin untuk plg. Sesampai nya dia dirumah dia masih teriak kesakitan. Aku dan nenek Davin pun panik melihat dia kesakitan, bahkan untuk mengangkat kepala saja tidak bisa.. Nangis, dan terus berteriak. Akhirnya kita memutuskan untuk membawa nya ke RS Gatot Subroto Pavilliun Kartika.

Sejak usia 4 bulan Davin sudah melakukan operasinya yg pertama dirumah sakit itu. Dan seiring berjalannya waktu operasi kedua untuk melakukan pemanjangan selang dari kepala hingga ke perut karena dia terus bertambah tinggi, dan operasi ke 3 adalah tahun 2010, yaitu penambahan selang di kepala, karena kejadian sakit kepala itu sama seperti 2015..Dan stlh 5thn sekarang dia pun kembali ke RS yg sama itu lagi, setelah kami tiba di RS kita langsung membawa nya ke IGD, dan dia diberi obat penghilang sakit sementara.. Akhirnya sakit dia sudah agak menghilang.. Dokter yg pada saat itu menyuruh untuk melakukan MRI pun terkejut, karena ternyata selang dia yg ada diotak tersumbat.. Sehingga cairan otak nya menekan kepala nya hingga sakit sekali..

Dia hanya bisa menghadap ke kiri karena kepala kanan dia yang dioperasi.. Kiranya setelah 7 hari di RS dan Davin mulai membaik.. Dokterpun mengizinkan Davin untuk pulang ke rumah. Setelah itu keluarganya menjemput aku dirumah. Untuk main2 dirumah Davin.. Karena bagian perut juga ikut di operasi yg mengakibatkan dia tdk diizinkan untuk mandi bbrp hari..

Davin pun mengambil cuti kerja 10 hari .. Dia harus istirahat, tapi karena hari ke2 setelah dia sudah plg ke rumah.. Dia bilang mau pergi ke Mall, karena dia sudah bosan dirumah terus dan di Rs.. Akhirnya malam itu kami pun pergi.. Karena rumah dia dekat dengan mall, jadi kami jalan kaki.. 15 menit.. Kami pergi makan, dan jalan.. Dia senang sekali akhirnya bisa keluar rumah..

Akhirnya kami pun plg diantar ortunya .. Keesokan harinya aku datang kerumah nya untuk main2 karena jujur saja aku paling ga bisa kalau sehari ga ketemu.. Rasanya seperti ada yang kurang jika 1 hari tidak bertemu..

Seperti sudah kembali normal, dia tidak ada mengeluh kesakitan atau apapun.. 4 May 2015.. Saat pagi sebelum dia berangkat kerja, tiba2 kepalanya pun kembali sakit, sakit yang luar biasa hingga membuatnya membali lagi ke RS, 6 May 2015 dia pun harus menjalankan operasi lagi, untuk menambah selang di otak. Luka operasi kanan belum begitu kering namun sekarang harus dioperasi lagi bagian kiri ..

Davin pun kemudian harus dirawat di rumah sakit kurang lebih 1 minggu.. Dan dia lagi2 mengambil izin tidak kerja 2 minggu .. Kiranya setelah melakukan operasi penambahan selang dilakukan tidak akan terjadi sakit kepala lagi.. Tapi ternyata tidak..

16 May, dia dan adiknya mengantar kedua orang nya ke Bandara, lalu keesokan harinya .. Itulah hari terakhir kami bertemu.. Terakhir kami jalan2, terakhir kali aku melihat nya benar2 senang..

17 May 2015, Davin dan aku, berserta teman ku Karina dan Claudy memutuskan untuk pergi bersama.. Kami pergi ke 33 skybrige Ancol, sekitar jam 6 malam kami duduk berdua , teman2 ku sedang foto2 jadi kami hanya duduk berdua..tiba2 dia bersender dibahuku.. Dan dia berkata

” aku uda cape tau, hidup dengan penyakit yg tidak bisa disembuhin begini.. Aku ga mau lagi susahin orang tua aku.. Kamu hari ini puas2in aja jalan sama aku .. Aku tuh sayang banget sama kamu.. Aku mau bikin kamu seneng hari ini, karena uda hampir 1 bulan kita dirumah sakit terus dan kamu juga bosen kan ga jalan2 sama aku “..

Benar2 seperti teriris hati mendengar dia berkata seperti itu.. Perasaan tidak enak dan aku pun menyuruhnya untuk plg saja.. Minggu depan masih bisa pergi, biasa dia akan selalu mengiyakan ajakan ku.. Tapi hari itu dia hanya bilang, nanti lihat dulu.. Setelah kami plg kami melanjutkan perjalanan ke PIK, dia bilang kalau dia ingin makan sate .. Tapi sesampainya ditempat, ternyata sante nya habis.. Kami pun pergi ke salah satu cafe , Pungo Pang. Makan ice cream.. Lalu dia bilang kalau dia ingin karaoke..

Sebenernya aku udah merasa tidak enak karena dari tadi dia bersikap aneh.. Seperti menahan sesuatu tp dia tidak bilang, sesampai nya kami di Kelapa Gading sekitar jam 8.30 malam di salah satu tempat karaoke..Dia yg biasa ya paling semangat untuk nyanyi, hari itu juga dia lebih banyak bersandar.. Sambil aku mengelus2 kepalanya , dan tiba2 dia bilang sesuatu yang sangat membuatku tambah khawatir , ada apa dengan dia sebenarnya ..

” Semua ini aku lakuin untuk kamu.. Aku syg banget sm km, kamu hari ini puas2in aja jalan sama aku.. Aku sayang sama kamu “

Sakit rasanya.. Mendengar dia berkata seperti itu tiba2.. Skitar jam 10.30 malam kami selesai karaoke, dan mau mengantar teman ku dulu plg.. Di pertengahan jalan dia sudah mulai merasakan sakit, dia bilang kalau mata nya blur dan dia mual.. Hampir tiba disalah satu rumah teman ku dia sudah banyak mengeluarkan keringat karena menahan sakit dikepalanya dan rasa mual nya..

Sesampainya didepan rumah temanku dia muntah,  aku pun panik karena tidak tahu kenapa tiba2 dia seperti itu.. Akhirnya aku memutuskan untuk membawanya ke RS lagi.. RS sebelum itu Davin dirawat lagi.. Dalam perjalanan dia masih kuat untuk membawa mobil, berkali2 aku minta untuk gantian membawa dia tetap menolak..aku yg hanya bisa menangis didalam mobil sambil melihat dia kesakitan..tidak tahu harus berbuat apa..

Sesampainya di IGD sekitar jam 12 malam, dia langsung dikasih obat untuk penghilang rasa sakit.. Keluarganya baru tiba sekitar jam 1.30 malam.. Sudah berapa obat dikasih ke Davin tapi tidak mempan.. Di IGD dia hanya berteriak kesakitan, bahwa dia tidak tahan dengan sakit nya dan berkata lebih baik mati .. Aku dan keluarga dia yang bingung harus berbuat apa hanya bisa menguatkan dia sambil berdoa terus menerus..

Setelah melakukan MRI ulang, Malam itu Davin dipindahkan ke ruang perawatan, karena Dokter yang sudah lama menangani Davin sedang ke Bali jadi dia harus tunggu sekitar 3 hari untuk mengambil tindakan lebih lanjut.. Malam itu aku dan keluarga nya sama sekali tidak tidur, dan kami hanya melihat Davin yang sedang kesakitan berteriak, tidurpun dia tidak tenang dan terus bertukar posisi.. Sakit rasanya melihat dia seperti itu, tidak tahu harus berbuat apa..

18 May 2015 Pagi sekitar jam 9, salah satu dokter datang untuk melihat kondisi Davin, dia menjelaskan hasil MRI kalau didalam otak Davin selang baru yang dipasang itu tidak maksimal, terjadi penyumbatan diselang sehingga menyebabkan cairan otak nya tidak bisa melalui selang, dan menyebabkan sakit kepala luar biasa dikepala Davin karena tertekan oleh cairan itu..

Pada saat itu Davin terus berkeringat dan sesekali berteriak kesakitan.. Sampai dia sudah lemas, dan tidak bisa berkata apa2 lagi, bahkan dokter sempat memanggilnya berkali2 tp respon nya lambat.. Dia hanya menjawab,hmm.. Dokterpun memutuskan untuk kasih obat yg lebih keras untuk Davin.. Setelah dikasih, aku berfikir kalau dia sudah agak mendingan karena sudah bisa tidur.. Ternyata tidak..

Jam 9.40 aku memutuskan untuk pulang kerumah, untuk mandi dan makan, karena aku sama sekali belum tidur dan belum ganti baju semenjak semalam.. Kukira dia sudah enakan jadi akupun plg, dia ditemani oleh nenek dan paman nya.. Aku tidak mau membangunkan nya karena kupikir kalau aku membangunkan dia nanti dia sakit lagi.. Jadi aku plg..

Itulah terakhir kali aku melihat Davin sadar.. Sesampainya dirumah aku ketiduran sekitar 1 jam.. Dan setelah bangun aku mendapat kabar dari nenek Davin kalau dia sedang diruang operasi, karena tiba2 tangan nya membiru dan tiba2 detak jantung nya hampir berhenti..jadi dokter memutuskan untuk mengambil tindakan dadakan, untuk membuang cairan diotak Davin yang menyumbat selang..

Setiba nya aku di RS, yg kudapati Davin sedang tiduran diatas kasur dengan banyak selang ditubuh.. Ya.. Davin koma.. Dia berada di ruang ICU, menggunakan Ventilator dan selang dihidung untuk makan.. Dia tidak berdaya.. Hanya air mata yang tidak ada berhenti2 dan penyesalan yang ada dibenakku.. Kenapa pada saat itu aku plg? Seharusnya aku menemani dia .. Baru semalam dia dan aku tertawa bahagia menghabiskan waktu sekarang dia koma .. Aku tidak tahu harus berbuat apa saat itu.. Hanya doa kpd Tuhan untuk Davin segera sadar..

1 hari terlewati..2 hari terlewati tapi Davin tidak juga sadar .. Dokter sudah memvonis kalau Davin sudah tidak ada harapan lagi .. Karena pupil mata nya tidak bereaksi sama sekali..

Seperti tertusuk oleh benda tajam dihati ini.. Sangat memilukan melihat dia hanya tidur tidak berdaya, hanya mesin2 yang berkerja untuk membantu dia untuk tetap bisa hidup.. Hari ke 6 Davin di ICU, dokter memberitahu kepada kami kalau Batang otak Davin sudah tidak berfungsi.. Artinya sama saja dengan dia sudah tidak ada, hanya mesin yg membantu untuk tetap bernafas..

Setiap hari saya selalu datang untuk melihat dia.. Karena jam besuk dari jam 11 pagi – 1 siang dan 5 – 7 malam.. Saya selalu melihat dan menemani dia di ruang ICU dan sambil membisikkan didekat kuping nya tentang kami.. Dan menguatkan dia walau dia tidak membalas omonganku sm sekali.. Aku hanya bisa menangis dan berharap.. Aku tau kalau menangispun percuma, tapi hati ini begitu sakit ketika kita tahu dan melihat orang yang kita cintai tidak ada harapan untuk hidup lagi.. Seperti sebagian dari hidupku hilang begitu saja..

Tapi aku tidak pernah berhenti berdoa dan berharap.. Tapi ternyata Davin tidak mendapatkan nya.. Aku sadar, Tuhan sudah memberikan dia bonus untuk bisa bertahan hidup selama 22 tahun… Terakhir kali dia bisa bersama denganku.. 1 bulan terakhir Tuhan sudah memberikan waktu untuk kami bisa bertemu lagi.. Walaupun Davin sakit, tapi Tuhan sungguh baik.. Tuhan memberikan ku waktu bersama Davin untuk terakhir kalinya..

Davin meninggal pada tanggal 26 May 2015.. Tetapi setidaknya aku dan keluarganya sudah rela dia untuk pergi karena dia tidak akan merasakan kesakitan lagi..

Kami membawa Davin untuk pulang ke tempat kelahiran nya di Papua karena dia akan dikubur disana ..Aku dan keluarganya berangkat ke Papua malam itu dengan Davin..

Sesampainya di Papua kami disambut oleh keluarga Davin yang berada disana.. Tangisan terus keluar ketika kami sampai dibandara dan bertemu keluarga nya..

Di Jayapura, tempat dimana dia selalu bilang kpdku kalau dia ingin sekali membawanya ke tempat kelahiran nya.. Sekarang sudah terwujud sayang.. Aku sudah temani kamu ketempat peristirahatan kamu .. Aku yakin kamu juga pasti senang..

Selamat Jalan sayang… Begitu banyak kenangan yang sudah kita lalui , begitu banyak yang sudah kamu ajarkan kepadaku, kamu benar2 memotivasi kehidupan ku untuk kuat menjalani hidup ini .. Kamu sudah memperkenalkan aku di keluarga kamu yang begitu hangat, Kamu akan selalu ada dihatiku selamanya.. Aku ga akan pernah lupain kamu.. Kamu benar2 mengajarkan aku apa itu arti hidup.. Berjuang untuk hidup.. Aku bangga karena aku bisa menjadi yang terakhir untuk kamu.. Aku tidak akan pernah menyesal karena sudah bertemu dengan kamu..

Terima Kasih sudah mengajarkan ku arti Cinta.. Terima Kasih untuk semua yang sudah kamu kasih ke aku.. Walaupun kita hanya bisa bersama selama 9 bulan aku sudah sangat senang bisa mengenal kamu.. Sekarang kamu sudah tidak kesakitan lagi, kita semua sayang sama kamu..Aku janji akan kuat .. Seperti yang kamu bilang terakhir kali kalau aku tidak boleh nangis lagi.. Aku akan belajar dan usaha untuk kuat sayang..

Selamat Jalan Davin ..

Love, Cerlyn..

Semoga stiap yg membaca bisa lebih termotivasi untuk hidup, Tuhan sangat baik, Tuhan memberikan Davin kesempatan untuk bisa hidup selama 22 Tahun, perjuangan yang dia lalui tidaklah mudah.. Dia harus menjalani operasi berulang2 untuk dapat bertahan hidup.. Sampai saatnya Tuhan memanggil dia…

Saya menulis cerita ini karena mengajarkan ku tentang arti hidup, perjuangan, dan ketabahan hati.. Memang ini semua tidaklah gampang.. Tetapi dari sinilah sy bisa belajar.. Kalau hidup ini tidaklah mudah, butuh berjuangan dan selalu hidup dijalan Tuhan..

Mohon maaf apabila terjadi kesalahan pada kata2 diatas, dan kisah diatas adalah 100% kisah nyata yang aku alami.

30 Responses to "Kisah Nyata, Disaat Aku Sudah Tulus Mencintaimu Dan Menerima Semua Keadaanya, Kenapa...!!"

  1. bagus dan sedih, smoga yang di tinggalkan bisa lebih berbesar hati

    ReplyDelete
  2. Cerita nya terharu sya bca nya. Smoga dia bahagia dialam sana

    ReplyDelete
  3. Good story... Terharu sya membacanya.. Smoga keluarga yg d tinggalkn tabah ats kepergian Alm..semoga alm tenang d alm sana

    ReplyDelete
  4. Cerita yg sngat mengharukan. Smoga dy tnang disana

    ReplyDelete
  5. Persis sama dengan kisahku,,, Tuhan pasti beri kekuatan, AminπŸ˜‡

    ReplyDelete
  6. saya sangat terharu dan termotivasi kmbali membacanya , sebelumnya saya sudah mulai berputus asa .tpi stelah membacanya pikiranku trbuka kmbali . smoga dia tenang dan bahagia disana .

    ReplyDelete
  7. saya sangat terharu dan termotivasi kmbali membacanya , sebelumnya saya sudah mulai berputus asa .tpi stelah membacanya pikiranku trbuka kmbali . smoga dia tenang dan bahagia disana .

    ReplyDelete
  8. Persis sama dengan kisahku,,, Tuhan pasti beri kekuatan, AminπŸ˜‡

    ReplyDelete
  9. Saya rasa didlm hidup devin tdk ada penyesalan walaupun dia hrs mengalami operasi dan kesakitan sejak kecil, tetapi Tuhan telah memberikan sesuatu yg plg indah didlm hidupnya yaitu dapat bersama dgn kamu.

    ReplyDelete
  10. Sy pun pernah mengalami hal yang serupa..dengan alm istri sy,dn sy percaya hanya dengan doa yang mengantarkannya kepada Tuhan, krn Tuhan lebih menyayanginya utk membuat bahagia bersama-Nya. Sebab indah rencana Nya

    ReplyDelete
  11. Sama tanggal jadianku sama doi juga. 20 agustus 2014. Tapi semoga kami panjang umur. Aamiin. Cerita mbak mengharukan.

    ReplyDelete
  12. Asli kisah nyata...davin tandoyo, anak dari bapak alex tandoyo..Tuhan maha baik,Tuhan punya rencana besar,,,Amin

    ReplyDelete
  13. sedih. I am sorry to hear that. be strong.

    ReplyDelete
  14. Cerita Ini Bukan Bulan yang lalu dan tahun yang lalu
    Atau Blog membantu untuk mengeshare ya
    Perasa saya ini cerita punya ce cerlyn

    ReplyDelete
  15. kisah yg mengharukan kisah cinta dan kehidupan。。semua kuasa Tuhan hidup ini pasti ada cobaan。。semua dari Tuhan。。kita mohon kepada Tuhan。utk bahagia di dunia dan akhirat。。semoga Tuhan memberikan kita petunjuk dan perlindungannya。。aamiin

    ReplyDelete
  16. Dapat aku rasakan bagaimana kehilangan itu. Dan aku yakin Davin akan lebih senang kalau anda dapat melanjutkan kehidupan anda dengan maksimal dimanapun anda berada. Nikmati setiap saat bersama sahabat. Teman, maupun keluarga anda. Disaat itulah anda akan dapat melihat kebahagiaan davin di Surga...

    ReplyDelete
  17. Ini cerita lama saya, bukan kejadian baru2 ini.. Dan siapa anda yg punya blog ini, knp anda berani skli mengcopas lalu publikasikan cerita saya tnpa seijin dari sy? BALAS !

    ReplyDelete
  18. Cerita kita hampir sama,bedanya sama saya pria yg saya cintai meninggalnya karena kecelakaan..dgn membaca ini menguak rasa dukaku kembali

    ReplyDelete
  19. Cerita kita hampir sama,bedanya sama saya pria yg saya cintai meninggalnya karena kecelakaan..dgn membaca ini menguak rasa dukaku kembali

    ReplyDelete
  20. 😒😒😒😒😒😒😒

    ReplyDelete
  21. Sangat menyentuh, makasi udah bagikan kisah kamu ini

    ReplyDelete
  22. Woiii... Copas aja nih sih ellen velensia.. Udah ijin blm sama org yg bersangkutan?? Ckckckck

    ReplyDelete
  23. Sudah copas, sumbernya diilangin pula, sudah pasti tanpa ijin ini
    .

    ReplyDelete

  24. Tak mampu menahan air mata saat membacanya

    ReplyDelete
  25. Sungguh pelajaran hidup yg luar biasa.. thx

    ReplyDelete
  26. SEKEDAR INFO BOCORAN TOGEL
    JIKA ANDA BUTUH A'NGKA GHOIB/JITU
    SGP HK MALAYSIA ARAB SAUDI LAOS
    2D_3D_4D-5D-6D-7D DI JAMIN 100% TEMBUS...
    SAYA BUKTINYA SUDAH 5X JP
    DAN SAYA SUDAH BENER2 YAKIN DENGAN AKI RORO
    YANG TELAH MEMBERIKAN ANGKA RITUAL NYA
    BAGI ANDA YANG SUKA MAIN TOGEL
    & INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN GABUNG DENGAN AKI RORO
    SILAHKAN HUB DI NO: ((_082_336_642_456_))
    ATAU >>KLIK DI SINI<<
    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
    dan alhamdulillah saya dpat Rp 250 juta dan semua ini
    berkat bantuan angka dari AKI RORO
    karena cuma Beliaulah yang memberikan angka
    ritual yg di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 100 ribu karna
    saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angka nya,,,,buat anda yg butuh angka yang di jamin tembus
    hubungi AKI RORO DI NO: ((_082_336_642_456_))
    insya allah beliu akan siap menbatu kesusahan anda
    ''kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T dan terima kasih banyak kepada AKI RORO

    ReplyDelete
  27. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great blog.
    taruhan judi poker online terpercaya

    ReplyDelete