Komsumsi Air Putih Pada Saat Diabetes Melanda

Ketika berbicara mengenai diabetes, saran yang paling sering diperdengarkan biasanya terkait dengan diet yang tepat bagi penderitanya. Padahal, asupan air memainkan peranan yang sangat penting bagi para penderita diabetes.

Jumlah konsumsi air yang cukup akan membatasi asupan kalori sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi air putih yang lebih dari cairan lain seperti teh, kopi, atau minuman manis lainnya akan membantu mengontrol kadar gula darah.

Berapa jumlah asupan kalori yang tepat bagi penderita diabetes?

Dalam konteks diabetes, ada beberapa aturan terkait dengan asupan air yang harus dipahami. Pertama, ukuran perbandingan minuman dan makanan yang kamu asup adalah 1 ml air untuk 1 kalori makanan. Jadi, jika kamu mengonsumsi makanan 2000 kalori maka air yang harus kamu asup sekitar 2000ml atau 2 liter air.

Tak akan jadi masalah jika kamu ingin mengonsumsi lebih banyak air. Ini terutama jika kamu tak memiliki masalah dengan ginjal atau mengonsumsi obat yang dapat memengaruhi frekuensi buang air kecil.

Jika kamu berada pada posisi diuretik (karena kondisi kesehatan lainnya), maka sebaiknya kamu membatasi jumlah asupan air. Kamu bisa mengonsumsi air 8-10 gelas setiap hari.

Bagi penderita diabetes yang disertai dengan gangguan ginjal kronis dapat membatasi asupan air minum hingga 1000ml tiap hari. Penting untuk diingat, jangan mengganti air dengan kalori minuman padat

0 Response to "Komsumsi Air Putih Pada Saat Diabetes Melanda"

Post a Comment