Cara Ahok dan Bupati Purwakarta Warnai Ramadan dengan Toleransi !!

Ellennews.com - Razia Satuan Polisi Pamong Praja Kota Serang terhadap Warung Tegal Saeni menuai kecaman. Sementara Saeni banyak menuai simpati bahkan dari Presiden Jokowi. Namun, bagi dua kepala daerah ini, Ramadan adalah bagian dari praktik toleransi, bukan saja bagi yang menjalankan, namun juga bagi yang tidak menjalankan puasa itu sendiri.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pun menjamin, 'Tragedi Warteg Saeni' tidak akan terjadi di Jakarta. Bahkan, pihaknya tidak tertarik untuk mengikuti jejak Serang yang memiliki Perda Bulan Ramadan yang mewajibkan warung makanan tutup.

"Gak ada razia, enggak ada Perda," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (13/6/2016).

Menurut Ahok, razia rumah makan selama puasa tidak tepat. Sebab, tidak semua warga beragama Islam dan tidak semua warga yang beragama Islam berpuasa karena alasan tertentu, misalnya sakit, manula, wanita haid, dan ibu menyusui.

"Saya mau tanya emangnya semua orang muslim puasa? Ini perempuan kalau lagi datang bulan puasa enggak? Lalu enggak bisa cari makanan?" ujar Ahok.

Menurut mantan Bupati Belitung Timur tersebut, Perda itu lebih baik diusulkan kepada Mendagri agar dicabut.

"Kamu tanya Mendagri, cabut perdanya," pungkas Ahok.

Bahkan, dia punya cerita unik dimana dirinya diundang oleh profesor-profesor muslim. Di mana di dalam pertemuan tersebut, profesor-profesor tersebut mempersilakan Ahok untuk makan siang.

"Kemarin siang makan sama profesor-profesor, itu beberapa profesor itu puasa. Tuan rumahnya puasa, lalu saya yang tidak puasa disediakan makan. Ini profesor-profesor loh, kanan lagi puasa, ini depan saya puasa," cerita Ahok.

Alasan para profesor tersebut adalah semata untuk menghormati orang yang tidak berpuasa. "Justru kami menghormati yang tidak puasa dia bilang, yang puasa dapat pahala kok, nah ini Islam Ramadan, Islam Nusantara nih. Dia ngomong gitu loh kemarin kejadiannya," tutur Ahok.

0 Response to "Cara Ahok dan Bupati Purwakarta Warnai Ramadan dengan Toleransi !!"

Post a Comment