Membandingkan Besaran APBD Provinsi DKI Jakarta dan Kota Surabaya

EllenNews.com - Walikota Surabaya Tri Rismaharini tak terima daerahnya hanya dibandingkan dengan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Secara luas wilayah saja, luas Surabaya tiga kali luas Jakarta Selatan.

Selain soal luas wilayah, Risma juga menyoroti mengenai besaran APBD. Dia membandingkan besaran APBD Surabaya yang disebutnya telah dikelola secara efektif dengan APBD DKI Jakarta yang nilainya fantantis.

Ditilik dari berbagai sumber, Jumat (12/8/2016) jumlah APBD Provinsi DKI Jakarta memang terpaut sangat jauh dengan Kota Surabaya. Pada tahun 2016, Provinsi DKI Jakarta memiliki APBD sebesar Rp 67,1 triliun, sedangkan Kota Surabaya memiliki APBD Rp 7 triliun.

APBD sebesar Rp 67,1 triliun yang dimiliki DKI Jakarta digunakan untuk 5 kota administrasi dan satu kabupaten dengan total 44 kecamatan. Sementara, APBD Rp 7 triliun yang dimiliki Surabaya, digunakan untuk satu kota yang memiliki 31 kecamatan.

Dari sisi jumlah penduduk, DKI Jakarta memiliki lebih dari 10 juta penduduk. Surabaya sebagai kota metropolitan kedua di Indonesia memiliki penduduk berjumlah sekitar 2,9 juta jiwa.

DKI Jakarta memang memiliki APBD dengan jumlah paling banyak. Sedangkan Provinsi Jawa Timur yang di dalamnya termasuk wilayah Surabaya memiliki APBD sebesar Rp 23,2 triliun pada tahun 2016.

Masalah keuangan daerah ini sebelumnya disinggung Tri Rismaharini yang geram dengan pernyataan Ahok. Risma tidak terima Ahok membandingkan Surabaya hanya setara Jakarta Selatan. Salah satu isu yang mencuat adalah soal trotoar. Ahok mengakui, trotoar di Surabaya sudah bagus dan nyaman bagi para pejalan kaki. Namun ternyata hal itu malah menyinggung perasaan Risma.

"Ini bukan masalah bagus atau tidak. Surabaya itu uangnya (APBD) Rp 7 triliun, Jakarta katanya Rp 64 triliun. Tapi kami mengelola secara efisien. Dan di bawah trotoar itu ada yang mahal, ada box culvert," kata Risma saat meluapkan kekecewaannya, Kamis (11/8/2016).

0 Response to " Membandingkan Besaran APBD Provinsi DKI Jakarta dan Kota Surabaya"

Post a Comment