Gagal memulangkan Rezieq Sihab, Polisi masi memiliki 2 cara lainnya


Jakarta, Ellennews.com - Polisi kembali gagal dalam memulangkan Habib Rizieq Sihab selaku pemimpin Front Pembela Islam (FPI) dari Arab Saudi ke Indonesia melalui mekanisme Interpol setelah pengajuan Red Notice Polri ke Interpol ditolak.

Polri menyatakan masi memiliki dua cara untuk memulangkan paksa Habib Rezieq ke Indonesia. Mochamad Iriawan selaku Irjen Pol Kapolda Metro Jaya menyediakan dua cara lagi untuk memulangkan Habib Rezieq dari Arab Saudi ke Indonesia setelah Red Notice gagal diterbitkan.

Pertama yang akan dilakukan adalah mengajukan Blue Notice untuk permintaan pencarian pelaku kejahatan yang diduga melarikan diri ke negara lain, bukan untuk tujuan penangkapan pelaku, melainkan untuk dilokalisir.

Blue Notice bisa diajukan kepada negara yang memiliki hubngan bilateral dengan pemerintah Indonesia. "Ada cara lain kok, dengan Blue Notice," Kata Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).

Sedangkan cara kedua adalah dengan cara menjalankan kerja sama dengan pihak kepolisian luar negeri, dalam hal ini adalah kepolisian Arab Saudi.

Kapolri Jendral Tito Karnavian telah menggelar pertemuan dengan Kepala Kepolisian Arab Saudi Lieutenant General Othman bin Nasser al-Mehrej.

Pada pertemuan ini, Kapolri membahasa mengenai kerja sama di bidang Kejahatan Transnasional. Pertemuan ini berlangsung pada saat Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mendatangi Indonesia. " Kerja sama polisi dengan polisi. Kepala Kepolisian Indonesia dengan Kepala Kepolisian Arab Saudi untuk berkomunikasi masalah Habib Rezieq. Kerja sama polisi dengan polisi bisa dilakukan," Ucapnya.

Meskipun begitu Irawan masih belum menentukan langkah mana yang akan di ambilnya. " Saya akan diskusikan dulu dengan pimpinan (Kapolri) untuk keputusan lebih lanjutnya." Jelas Iriawan.

0 Response to "Gagal memulangkan Rezieq Sihab, Polisi masi memiliki 2 cara lainnya"

Post a Comment