Miryam Menjadi Tersangka Kurir dalam Kasus Suap E-KTP

 miryam s haryani

Jakarta, Ellennews.com - Miryam S Haryani, selaku mantan anggota Komisi II DPR, di tetapkan sebagai tersangka dalam kasus Korupsi E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Berbasis Elektronik) dalam surat tututan yang di bacakan oleh jaksa KPK (Komisi Pemberantas Korupsi), pada pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22-6-2017).

Tuntutan yang di bacakan di tujukan kepada dua terdakwa pada kasus ini, yaitu mantan pejabat Kedagri (Kementrian Dalam Negeri), Sugiharto dan Irman. Kedua tersangka di tuntut dengan hukuman 5 Tahun dan 7 Tahun penjara.

Berdasarkan surat tuntutan jaksa KPK menyatakan bahwa Miryam S Haryani merupakan kurir suap E-KTP untuk puluhan anggota DPR lainnya.

Keterangan tersebut di ambil dari pemeriksaan terhadap Miryam yang di catat dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan).

Menurut dari jaksa KPK, demi kepentingan anggaran E-KTP, anggota meminta kepada Sugiharto dan Irman untuk meminta uang kepada pengusaha yang menjalankan proyek E-KTP tersebut. Pengusaha yang mengurus proyek E-KTP adalah Andi Agustinus (Andi Narogong).

Setelah uang di terima dari pengusaha, Sugiharto akan di minta oleh Irman untuk memberikan uang sejumlah $1.200.000,- (Dollar AS) Kepada Miryam. Setelah Miryam menerima uang tersebut kemudian dia akan membagikan uang tersebut kepada puluhan anggota DPR lainnya.

"Dimulai dari tahun 2011, setengah uang yang di berikan kepada Miryam di bagikan kepada semua anggota Komisi II DPR,Tapi dalam dua kali pembagian," kata Jaksa KPK.

Pada Pembagian Pertama, Miryam membagikan kepada empat orang pimpinan Komisi II DPR yaitu Chaeruman Harahap, Taufik Effendi, Chaeruman harahap, serta Ganjar Pranowo kepada masing masing Pimpinan sebesar $ 3.000 (Dollar AS).

Selanjutnya, Miryam membagikan kepada sembilan orang ketua Fraksi DPR Komisi II RI dengan nilai $ 1.500 (Dollar AS) untuk setiap orangnya, Termasuk juga Kapoksi sebagai pimpinan Komisi.

Kemudian di lanjutkan dengan pembagian $ 1.500 (Dollar As) kepada 50 anggota komisi II DPR RI.

Ada juga cara pembagian uang kepad asetiap anggota Komisi II DPR RI dengan melalui Kapoksi atau orang yang mewakilinya, yakni di berkan kepada Agustina Basik untuk anggota Partai Golkar.

Untuk anggota Fraksi PDI-P akan di berikan kepada Yasona Laoly / Aried Wibowo dan di berikan langsung di ruang kerjanya.

Untuk anggota Fraksi Demokrat akan di berikan kepada Khotibul Imam Wiranu dan juga masi berikan secara langsung di ruang kerjanya.

Untuk Anggota Fraksi PAN akan di berikan kepada Teguh Juwarno dan di berikan langsung di ruang kerjanya.

Untuk Anggota Fraksi Gerindra di berikan kepada Rindoko di ruang kerjanya.

Untuk Anggota Fraksi PPP di berikan kepada Nu'man Abdul Hakim pada ruang kerjanya.

Untuk Anggota Fraksi PKB di berikan kepada Abdul Malik Haramaen di ruang kerjanya.

Untuk Anggota Fraksi PKS dan Hanura di berikan kepada Jazuli dan jamal Azis/Akbar Faisal Di ruang kerjanya.

Baca Juga : Surat Rezieq Sihab Kepada Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya Pembagian Kedua, Pada Pembagian Pertama, Miryam membagikan kepada empat orang pimpinan Komisi II DPR yaitu Chaeruman Harahap, Taufik Effendi, Chaeruman harahap, serta Ganjar Pranowo kepada masing masing Pimpinan sebesar $ 3.000 (Dollar AS).

Selanjutnya, Miryam membagikan kepada sembilan orang ketua Fraksi DPR Komisi II RI dengan nilai $ 2.500 (Dollar AS) untuk setiap orangnya, Termasuk juga Kapoksi sebagai pimpinan Komisi.

Kemudian di lanjutkan dengan pembagian $ 2.500 (Dollar As) kepada 50 anggota komisi II DPR RI.

Untuk tahap kedua ini, pembagian masih di lakukan oleh Kapoksi dan perwakilan yang sama seperti pembagian pada tahap pertama. yang berbeda adalah pada Fraksi Golkar yang di wakili oleh Markus Nari atau Agun Gunandjar.

Dana yang di berikan kepada Miryam setelah mendistribusikan uang tersebut adalah $ 5.000 (Dollar AS).

3 Responses to "Miryam Menjadi Tersangka Kurir dalam Kasus Suap E-KTP"

  1. ayo Kumpulkan uang dengan bermain di FIFAPOKER
    gabung sekarang juga di FIFAPOKER
    pin BBM kami : 7-B-3-1-3-0-B-F

    ReplyDelete
  2. Yuk ikut Meriahkan 17 Agustus yuk hari kemerdekaan kita dengan bermain Games online di sini
    kami mengadakan promo FREEBET 2X BONUS BET. info lebih lanjut ? hub : PINBBM-7-B-3-1-3-0-B-F - whatsapp : +6281326993756 w-w-w.id303.c-o-m

    ReplyDelete
  3. Ayo di catat ya di kalender nya Kami kembali Mengadakan Freebet loh Bahkan 2X BONUS BET nya untuk 100 ORANG PERTAMA saja !!!
    Berlaku dari 17 AGUSTUS 2017 Hingga 31 AGUSTUS 2017 hanya di w-w-w.id303.c-o-m PINBBM-7-B-3-1-3-0-B-F whatsapp : +6281326993756

    ReplyDelete