Pemerintah Disebut Tak Jujur Mengenai UU Pemilu !


Ellennews.com - Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan bantahan mengenai pernyataan Sekretaris Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional) Yandri Susanto yang mengatakan bahwa pemerintah tidak jujur atas berlakunya aturan ambang batas pemilihan Presiden atau Presidential Threshold sebesar 20% perolehan kursi parlemen atau 25% suara nasional. 

Menurut Tjahajo bahwa aturan tersebut lahir melewati mekanisme yang panjang di DPR.. "Pemerintah tidak ikut ambil bagian dalam hal melobi di rapat paripurna atau pengambilan keputusan di paripurna DPR, sepenuhnya hak anggota DPR dalam paripurna," Kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, Minggu (30/07/2017).

Dia juga menjelaskan peran pemerintah dalam pemilu, serta menurutnya sesuai dengan putusan DPR maka draf Rancangan Undang-Undang Pemilu di siapkan oleh pemerintah. Selanjutnya, fraksi-fraksi di DPR membahas DIM (Daftar Inventaris Masalah) bersama pemerintah.

Kemudian DPR membentuk panitia khusus RUU Pemilu pada proses pengesahan di Rapat Paripurna. Jika dalam hal tersebut terdapat Isu krusial yang ingin di pertahankan, maka menurut Tjahjo bahwa itu merupakan dinamika Politik yang terjadi.

"DPR wajar  jika melalui fraksi-fraksi mempertahankan argumentasi DIM krusial, khususnya jika tidak bisa di lakukan musyawarah," tutur mantan Sekjen PDI-P tersebut.

Menurutnya pemerintah juga tidak mempermasalahkan jika ada 4 fraksi yang tidak setuju dengan sejumlah isu krusial, hingga kemudian memilih untuk keluar.

"Yang keluar dari paripurna pun sah-sah aja ," Lanjutnya.

Oleh sebab itu, Tjahajo tidak dapat menerima jika Presiden Joko Widodo di katakan tidak jujur terkait UU Pemilu.

"Yang tidak jujur adalah siapa sebenarnya yang membuat pernyataan, pemerintah atau PAN (Partai Amanat Nasional)," Tutup dia.

Yandri Susanto merupakan salah satu orang yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi tidak jujur dengan menyebutkan ketentuan presidential threshold dalam UU Pemilu merupakan produk DPR.

2 Responses to "Pemerintah Disebut Tak Jujur Mengenai UU Pemilu !"


  1. Ayo di catat ya di kalender nya Kami kembali Mengadakan Freebet loh Bahkan 2X BONUS BET nya untuk 100 ORANG PERTAMA saja !!!
    Berlaku dari 17 AGUSTUS 2017 Hingga 31 AGUSTUS 2017 hanya di w-w-w.id303.c-o-m PINBBM-7-B-3-1-3-0-B-F whatsapp : +6281326993756

    ReplyDelete
  2. Yuk untuk kalian yang mempunyai jiwa bermain poker dan ingin mendapatkan tambahan sampingan
    Langsung aja yuk daftarkan diri anda dengan mengklik link Disini
    Banyak banget loh promo dan fitur fitur terbaru yang kami siapkan demi kenyamanan member kami
    Dengan Proses Deposit dan WD tercepat terpercaya menjadikan kami sebagai Agen POKERAYAM Terbesar di Indonesia
    Kami memberikan promo menarik loh selama Bulan Agustus Freechip 10% demi menyambut kemerdekaan HUT RI ke-72
    Refferal 15% Seumur Hidup Kalian so ajak teman kalian sebanyak-banyaknya untuk bermain
    Keberuntungan berlimpah bermain di pokerayam(titik)com
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A
    Capsa Susun
    Bandar Ceme
    Live Poker
    Texas Poker
    Domino QQ
    Ceme Keliling
    Poker Terbaik

    ReplyDelete