Sri Mulyani Betemu Dengan CEO Freeport ! Apa Yang Akan Di Bahas ???

 sri mulyani dan freeport

Ellennews.com - Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Indonesia akan bertemu dengan  McMoran Inc Richard Adkerson CEO (Chief Executive Officer) dari Freeport pada minggu kedua bulan Agustus ini.

Perusahaan tembaga terbesar di dunia ini akan membahas mengenai stabilitas Investasi dengan pemerintah Indonesia.

Pertemuan tersebut diungkapkan oleh Ignasius Jonan yang merupakan Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral).

Dia mengatakan, pada proses negosiasi dengan PT Freeport Indonesia, ada 2 tugas yang harus diselesaikan oleh Menteri Keuangan. Hal tersebut merupakan Stabilitas Investasi dan Investasi 51% Saham.

"Saya bertemu dengan Adkerson Courtesy saja. Agar, mereka juga mau membicarakan soal harapan mereka mengenai stabilitas investasi kepada Kemenkeu. Rencananya kemungkinan pada minggu kedua bulan Agustus," Katanya di kantor Kementrian ESDM, Minggu lalu.

Mengenai soal Stabilitas Investasi maksudnya adalah mengenai Perpajakan dan Royalti pada pusat maupun daerah.


Pada saat ini Freeport tengah menggunakan peraturan Naildown dimana ketentuan yang sudah disepakati tidak dapat berubah. Namun Pemerintah menginginkan Freeport menggunakan peraturan Prevailling yang dimana setiap peraturan dapat berubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu Pemerintah akan membuat PP (Peraturan Pemerintah) mengenai Stabilitas investasi ini. Peraturan ini dibentuk untuk KK (Kontrak Karya) yang akan mengubah status tersebut menjadi IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus) sama seperti Freeport.

Menurut Menteri Jonan bahwa negosiasi dengan Freeport harusnya dapat di selesaikan pada Bulan Juli Lalu.


Tapi dia juga mengatakan, bahwa pada bulan tersebut negosiasi yang di lakukan oleh kementerian  ESDM, yaitu mengenai Perpanjangan Izin Operasi, Pembangunan fasilitas pengolahan dan Smelter (Pemurnian Mineral).

Dari kedua negosiasi tersebut, Jonan telah memberikan izin perpanjangan operasi kepada Freeport hingga 2031 dan kemudian bisa dilakukan evaluasi perpanjangan untuk 10 tahun berikutnya. Serta Freeport juga sepakat untuk membangun smelter hingga tahun 2022 diGresik, Jawa Timur.

0 Response to "Sri Mulyani Betemu Dengan CEO Freeport ! Apa Yang Akan Di Bahas ???"

Post a Comment